preview

Posted by : fajarsardi Nov 17, 2019


Setelah agak kesal dikibuli orang yang niatnya pura – pura baik, gue jadi lebih aware. Tapi ya tetep hari ini niatnya cuma mau keliling – keliling Yangon pake kaki alias walking tour.

Rencananya sih cuma keliling sambil liat – liat aktivitas warga Yangon yang hampir gk ada bedanya dengan kegiatan orang Indonesia. Hanya sajaa, orang – orang disini kemana saja dan kapan saja gk bisa lepas yang dari namanya pake sarung dan thanaka. Eh, bukan maksudnya sarungnya dilepas ya. Jadi apa dong?

Naah gini,

Perbedaan yang paling mencolok adalah local people disini rada cuek dengan yang namanya fesyen dan skin ker. Karena fesyen yang paling keren adalah seberapa bagus kain sarung lo dan skin ker yang paling oke adalah thanaka. Emang segitunya?.. Iyaa.. tapi beberapa anak muda millennial sepertinya udah mulai ngikuti mode. But generally YES.

Sebenernya kain sarung yang dimaksud adalah Longyi, kain tradisional khas Burma yang mirip banget sama kain sarung merk gajah jongkok gue. Kalau orang Burma pakai longyi itu udah seperti pakai jeans deh. Mau cowo/cewe tetep pake longyi. Mau kepasar, ke kantor, ke mall ya tetep pakai longyi. Dan kalau gue liat – liat, status social dan tingkat fashion orang disini bisa diliat dari seberapa bagus dan mahal longyi yang lo pakai haha.. bener asli lo.

Longyi itu mirip banget sama sarung. Pernah iseng habis solat, gue tetep pake sarung yag dibawa dari Indonesia. Motifnya kotak – kotak gede dan warnanya kuning. Tapi anehnya, sarung gue diliatin terus sama orang yang lewat hahaha. Rada aneh apa ya karna motifnya gak sama dengan longyi yang mereka pakai. Kalua diinget – inget, semua mata orang liat sarung yang gue pakai sampe akhirny meresa aneh dan lepas sarung (tapi masih ada celana ya :D)

longyi everywhere
kerja pakai longyi dong...
pakai sarung main bole gak harus nunggu 17 agustusan

Longyi ini dipakai oleh semua usia dan gender. jadi kalau jalan - jalan ke Yangngo, Myanmar jangan lupa bawa kain sarung terbaikmu ya :D

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © fajarsardi's blog - Designed by Fajar Sardi.