Posted by : Fajar Sardi Aug 20, 2017

Kalau ngebahas tentang nepal emng gak akan ada habisnya gais. Nepal pasti dan selalu enak untuk diceritakan kembali, dan siapapun yang udah pernah ke nepal pasti ingin balik lagi termasuk gue haha. Nepal itu eksotis banget, gadisnya alamnya bikin mupeng. lo akan takjub dengan keindahan alamnya dan karna nepal sebagai pintu masuk ke himalaya, nepal akan selalu ramai oleh turis - turis dari segala penjuru dunia, oleh karena itu nepal  selalu jadi bucket list para backpacker khususnya para pecinta alam. tapi bukan hanya alamnya aja kok yang jadi andalan, buat lo yang gak suka nanjak, lo bisa wisata sejarah atau wisata candi disini.
beberapa situs sejarah yang ada di nepal berada Kathmandu atau sekitarannya. salah satu atau beberapa objek wisata sejarah yang dapat dikunjungi di kathmandu adalah Durbar Square. nah, kenapa salah satu atau beberapa? gue juga awalnya bingung tentang durbar square ini. jadi, durbar square itu kayak alun2... ya emang alun - alun sih. jadi ada beberapa durbar square di kathmandu. yang paling terkenal itu ada tiga; kathmandu durbar quare, patan durbar suare, dan bhaktapur durbar square. jadi kalo lo ntar mau ke durbar square harus jelass mau yang kemana. jangan kaya gue yang nanya durbar square tapi gak tau ternyata durbar square itu ada banyak hahhaha jadinya bingung sendiri. dari ketiga durbar square yang udah jadi situs sejarah UNESCO, hanya dua yang udah gue singgahi yang pertama kathmandu durbar square yang berada dekat dengan thamel dan yang kedua adalah Bhaktapur durbar square yang berada diluar kota kathmandu. untuk kathmandu durbar square udah gue bahas seklias disini,
kali ini gue akan ngebahas tentang bhaktapur durbar square. Bhaktapur sendiri berjarak kira - kira 20km dari kota kathmandu. gue berangkat bersama tiga orang teman menuju bhaktapur dengan membayar ongkos taksi sebesar NPR1000 atau sekitar Rp. 130k harga tersebut sudah kami tawar dari NPR1500 haha. rajin - rajinlah menawar taksi disini ya. karena ongkos lumayan mahal, ada baiknya lo pergi bersama teman atau ajak teman untuk pergi bersama ke bhaktapur (dibalik balik katanya supaya bnyak haha) ya tujuannya supaya bisa sharing cost aja sih. tapi kalo mau tetep sendiri juga gak apa apa kok, mungkin aja lo nyaman dengan kesendirian lo atau kali aja bisa nyari jodoh disana, atau berharap pas lagi dijalan, ada cewek cantik jalan yang nunggu seseorang menjemputnya XD.
perjalanan menuju bhaktapur sekitar 40 menit. perjalanan khas nepal dengan kondisi jalan penuh debu. Bhaktapur sendiri merupakan kawasan yang cukup luas peninggalan dari kerajaan tua bhaktapur . untuk bisa masuk kawasan ini kita akan dikenakan fee masuk sebesar NPR1500, lumayan mahal untuk kantong backpacker. tapi karena udah jauh - jauh datang kesini dan menurut gue harga segitu sangat worthy lah buat keliling kerajaan tua ini. padahal sewaktu di Kathmandu durbar square, gue bisa masuk free karena berlagak menjadi orang nepal haha. tapi disini gak bisa berpura - pura haha.
ticket to bhaktapur
apa aja yang bisa lo lakuin di bhaktapur? hmmm banyak sih, kira - kira ada 10 hal yang lo bisa lakukan di Bhaktapur ini.

1. Berkeliling
Karena udah bayar fee masuk yang lumayan mahal, sangat wajib untuk mengelilingi durbar square ini gais. tapi karena gue datang agak telat, kira - kira jam 3an agak rugi rasanya. tapi ya gimana lagi karena waktu yang dikit kemudian banyak banget yang mau dikunjungi jadilah sebentar aja. nah jadi kalau mau datang kesini lebih baik agak pagian atau nginap aja sekalian.

2. Foto - Foto
Spot foto sangat banyak dan instagramable juga kok :D. apalagi dengan latar belakang bangunan kuno yang oke bangetz. selain foto - foto dengan objek wisata, kita juga bisa mengabadikan foto kehidupan sosial disini lho. karena banyak masyarakat yang tinggal dan beraktivitas disini jadi bisa sekalian diabadikan juga kan...

3. Wisata Religi
Bagi teman -teman yang beragama Hindu, berkunjung ke Nepal khususnya ke Bhaktapur juga bisa sekalian wisata ibadah. Di kawasan bhaktapur ini terdapat beberapa kuil yang menjadi tempat ibadah. kalau beruntung, bisa juga bertemu dengan Kumari lho.
bagi yang belum tau apa itu Kumari, nih gue coba jelaskan sebisa gue yak. Kumari atau The Living Goddess merupakan dewi  bagi umat hindu yang hidup pada anak kecil atau reinkarnasi pada anak perempuan yang umurnya sebelum masuk masa puber (menstruasi). menjadi seorang kumari haruslah berasal dari kasta tertinggi yaitu dari kasta Sakhya atau Bajracharya. seorang Kumari adalah dewi bagi ummat Hindu sehingga mereka disembah. sepanjang menjadi Kumari, sang dewi tidak boleh menyentuh tanah loh. jadi kemana2 harus diangkat dan ditandu. Seorang Kumari akan hidup didalam kuil dan memiliki tanggung jawab seorang dewi dan bagi yang beruntung, kadang - kadang seorang kumari akan keluar dari dalam kuil dan ummat hindu disini akan menemui dewi tersebut.
Seorang Kumari tidak akan bisa menikmati hidup layaknya seorang anak biasa... kasian juga ya karena masa - masa kecilnya akan bener2 fokus menjadi seorang dewi dengan aturan - aturan yang sangat ketat. Sebenarnya banyak kontroversi mengenai ini, terutama dalam hal hak - hak anak yang hilang karena menjadi Kumari. tetapi karena ini merupakan adat dan budaya jadi tetap ada sampai saat ini.
bagi yang penasaran bisa coba datang kesini dan melihat bagaimana kumari itu ya...
kumari, the living Goddess. source: google.com
4. Wisata Sejarah
menurut sejarahnya, Bhakttapur sudah ada sejak abad ke 12 dan merupakan kota dari kerajaan Malla yang dipimpin oleh Raja Ananda Malla. Kerajaan malla menguasai kota ini sampai aad ke 15 kemudian menjadi kerajaan sendiri sampai abad ke 18 oleh dynasty Ghorka.
banyak sejarah dari kerajaan lama yang bisa lo gali disni. jadi kalo lo ahli sejarah bisa dicoba untuk mengunjungi bhaktapur yaa

5. Observasi
selain itu, kalo ada jiwa - jiwa arkeolog juga bisa nih datang buat melakukan observasi. atau bisa juga buat observasi calon istri hahaha

6. Menginap
seperti yang gue bilang tadi, kalo punya waktu yang relatif banyakk bisa mencoba menginap di bhaktapur. banyak hotel eksotis dengan interior kerajaan bhaktapur lama lohh.
salah satu hotel di bhaktapur
7. Nongkrong
selain jalan - jalan, foto - foto, dan lain - lain hehe. ada banyak tempat nongkrong kok di bhaktapur ini. cafe dengan arsitektur kuil yang keren abis. Cafe Nyatapola adalah salah satu kafe yang berada di alun - alun bhkatapur. cafe ini sangat menonjol karena bangunannya tua dan berada ditengah2.  gue sempat rada takut naik kelantai dua karena kondisi bangunannya jelek. tapi so far ternyata bangunan ini masih kuat dan asiklah buat nongkrong ganteng.
cafe nyatapola. source: tripadvisor
8. Belanja
nah, buat yang demen belanja oleh2 disni banyak banget yang jual oleh - oleh khas nepal. tapi gue lebih nyaranin belanja oleh2 di thamel karena lebih murah hehe.

9. Cari Jodoh
kalau yang ini gak perlu dijelaskan hahaha (Jomblo only).
no caption needed :D
Setelah gempa besar tahun 2015 silam, banyak banget bangunan bersejarah disini rusak. bahkan walaupun sudah 2 tahun berlalu, kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa tersebut masih meninggalkan bekas - bekas yang belum diperbaiki. seperti beberapa gambar diatas dan kalau teliti melihat, banyak sekali bangunan yang disangga oleh beberapa balok kayu sebagai penahan agar bagunan tersebut tidak rubuh. bangunan - bangunan tua disini terlihat sangat rapuh, seperti hati gue :(
mudah - mudahan aja pemerintah dan UNESCO segera memulihkan hati gue  bangunan disana.
bhaktapur dengan penyangga bangunan

{ 3 comments... read them below or Comment }

  1. Ini negara yang bagi fotografer dijuluki negeri fotogenic. Diambil dari sudut mana aja, fotonya jadi cakep! :)

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas cakepp.. tpi yg masih kurang itu ya krn masih bnyk bangunan yg rusak dan pembangunannya masih terbengkalai pasca gempa dan belum dilakukan pemugaran.

      Delete
  2. Gue juga baru tau Durbar Square itu ada 3, hahaha. Kalo abang, di sana naik taksi berduaan atau sendirian? nanti nenek marah.

    ReplyDelete

- Copyright © fajarsardi's blog - Designed by Fajar Sardi.