Posted by : Fajar Sardi May 13, 2017

Singapore! hampir menjadi top list wisata orang - orang Indonesia. baik itu backpacker, flashpacker ataupun turis2 kaya yang berniat menghabiskan duitnya untuk nginap dihotel mewah atau belanja di outlet2 super mevvah... kalau gue kesingapore, jangankan nginep dihotel mewah, dapet dormitory nyaman aja gue udah syukur alhamdulillah wkwkwk.
kali ini gue gak akan ngebahas tujuan wisata singapura. karena kalo lo searching di om gugel. udah ada ratusan bahkan ribuan kali ya catper yang ngebahas tentang tujuaan wisata ke singapura. kali ini gue cuma akan berbagi pegalaman perjalanan singkat sekitar 2 hari. sebenernya karena bingung mau kemana gue akhirnya memutuskan pergi ke singapore via batam, kebetulan kemaren long weekend, jadi ya mencoba buat explore singapore (lagi). gue gak pergi ke merlion atau marina bay. cuma singgah ke orchard yang akhirnya kepincut diskon dan beli pakaian haha.

gue berangkat ke singapore hari sabtu menggunakan ferry dari batam. horizon fast ferry yang berangkat dari harbourbay. untuk tiket return, ferry ini lebih murah dibandingkan dengan operator lainnya. masalah utama pergi ke singapore saat long weekend via batam adalah antrian entry imigrasi singapore yang luar biasa panjang

nah, sebisa mungkin lo harus keluar lebih awal dari ferry dan buru2 antri di imigrasi. lama antian bisa 1 sampai 2 jam. setelah antri imgrasi kami langsung pergi ke hostel yang berada di daerah boonkeng. gue nginap di the hive backpacker hostel. gue pernah nginap disini pas trip bareng teman kuliah tahun 2012. udah lama banget emang tapi hostelnya gk banyak berubah, dengan dekorasi warna hitam hostel ini sudah kelihatan setelah kita keluar dari boonkeng MRT exit C.

lobby the hive hostel singapore

berhenti di lampu merah aja jaraknya 2m wkwkwk

hostel's rule

nah, udah sampe hotstel gue bingung mau kemana. karena emng gk ada itinerary gue kesini. setelah berfikir sedemikian rupa haha. akhirnya gue memutuskan buat melakukan wisata kuliner di singapore.

Transportasi di Singapura. Jangan cuma MRT, coba Bus di singapura!

MRT (Mass Rapid Transport) merupakan moda transportasi utama selain bus di singapura. MRT juga pilihan turis2 untuk bepergian mengelilingi singapore. selain mudah, akses MRT juga melewati beberapa tempat yang menjadi tujuan wisata ke singapore.

MRT Map
nah, disini gue akan membahas sedikit tentang transportasi di singapura, tapi bukan MRT melainkan Bus. yoii, banyak banget wisatawan yang dateng ke Singapore mengandalkan MRT buat kemana2. tapi gue lebih merekomendasikan bus!. kenapa? yang pertama bus di singapore menjangkau setiap daerah disingapore sehingga lo bisa kemana aja dengan bus. kedua, murah loh, bayangkan aja untuk MRT tarif bisa 2x lipat bus. ketiga, gak usah capek jalan kaki menelusuri lorong MRT krn halte bus ada dimana2. nah kelemahannya adalah jadwalnya gak sedekat MRT. kalo MRT maksimal kita nunggu 5 menit sedangkan menggunakan bus butuh waktu paling lama ya 15 menit lah.
mungkin banyak pertanyaan tentang menggunakan bus disingapura, salah satunya adalah ribet. karena bnyaknya jalur bus dan susahnya mencari rute yang benar. iya, bener banget ribet dan susah. tapi itu mungkin 3 atau 4 tahun lalu. sekarang sudah ada google map yang akurasinya mencapai 95% lohh. tinggal klik mau dari mana dan kemana dan pilih transportasi bus. done!
cara ini selalu gue terapkan untuk menggunakan bus. yang paling penting selalu siaga aja liat halte mana dan berapa halte lagi buat sampe ke tujuan. gampang kok. malah sekarang gue selalu menggunakan MRT asal ke singapore. karena sekalian menikmati pemadangan kota singapore juga. kalau naik MRT mah, underground terus tiba2 nyampek aja hehe



dari map diatas kita bisa lihat, gimana dari little india ke orchard. dari little india naik 960 ke arah newton std. kemudian sambung 700A ke arah orchard. gampang kann.

Internet murah Singapore

beli SIM di singapore apa pake paket roaming yaa?
pertanyaan itu pasti selalu jadi trending topic kalo mau ke luar negeri. gak terkecuali ke singapore. sebenarnya pinter2 kita mau beli apa pake paket roaming. karena kalo selagi ada promo dari provider di Indonesia, paket internet bisa sangat murah kok. cth XL pass atau promo paketroaming telkomsel yang 3 hari. masih masuk akal. nah pertanyaannya kalau mau beli SIM disingapore pake apa yaa?
berdasarkan pengalaman saya, cari saja yang paling murah! karena kualitas jaringan provider disingapore sudah 4G semua kayaknya. mau itu Singtel, atau Celcom atau apa aja deh.
kemarin gue pake Happy dari Starhub. harganya $15 dapet kuota 18GB dannn yang paling oke nih. sisa pulsa kira2 100rb bisa ditransfer ke nomor indonesia kita dan gue udah coba it's work!. jadi hitung2 lebih hemat loh. 50rb dapet 18GB kan? karena 100rbnya ditransfer ke nomer simpa*i gue haha.




mari berwisata kuliner

makanan di singapura termasuk mahal, untuk sekali makan bisa $5 sampai $10. nah, karna mahal lebih baik cari makanan yang berkesan kan. masa jauh2 ke singapura makannya nasi padang lagi sih... kan sayang bayar $7 buat nasi padang, gak enak lagi wkwkwk. kali ini gue coba buat cari makanan india yang enakk. coba briyani atau apa kek. berdasarkan searching dan rekomendasi dari teman yang gemar wisata kuliner kami mencoba mencari makanan india yang recomended. namanya Ghandi Restaurant di little India. benar saja, rame banget. bukan turis melainkan orang india lokal yang lagi maksi hehe.


Ghandi Restaurant di LIttle India

Ghandi Restaurant

Porsi WOWW

Restaurant ini emang recomended! makanannya enakkk. buat kesana gampang2 susah sih, bisa coba naik MRT turun di little india, kemudian setelah keluar MRT ke arah kiri melewati pasar ke arah chander road. gugel map-in aja pasti nemu. porsinya wow jadi kalo gak laper banget pake "banget" ya. seporsi bisa buat berdua.
selain mencoba makanan India, kami juga coba laksa yang katanya paling enak se singapore. namanya Laksa katong 328. lokasinya berada di east coast road. gak ada MRT buat kesana, jadi satu2nya adalah menggunakan Bus supaya murah. banyak kok bus yang lewat sana. kalau dari bugis bisa naik bus 12 ke arah east coast searching aja di gugel hehe.

enakkk loh

emang gak salah pilih laksa ini, enaaakk banget. pengen coba lagi kalo kesana ntar hehe.
end.

{ 7 comments... read them below or Comment }

  1. Kapok banget long weekend ke singapore via batam
    Antri 3 jam pernah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... kalau bs via udara mungkin lebih bagus mas

      Delete
  2. Transportasi di singapore emang ga perlu diragukan lagi. Long weekend emang paling gampang ya ke singapore, tapi siap2 aja dengan antrian2 yang super melelahkan. Imigrasi di bandara pun seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa cari ferry yg paling pagi. masih masuk akal menurut saya... kalau sdh diatas jam 10 antrian bikin bete.

      Delete
  3. Boleh juga nih infonya. Seumur-umur belom pernah nyobain bus di Singapura (kecuali saat ikutan free tour Changi hehe). Sempat mau nyobain hop-on hop-off, tapi harganya sungguh bikin istighfar hahaha

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntr kalo ke SG dicobaa mas. lebih seru menurutku hehe.

      Delete
  4. Hallo mas fajar, saya baca di blog tentang brunei, mau ke brunei lebaran ini kah? Saya juga berencana kesana, mungkin bisa bareng disananya, bisa kontak ke marioyoke@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete

- Copyright © fajarsardi's blog - Designed by Fajar Sardi.