Posted by : Fajar Sardi Apr 22, 2017

6 Maret 2017

“Perjalanan hari ini penuh drama, antara mau nginap di Jhinu Danda atau langsung menuju Pokhara dan ternyata…”

Kami mulai bergerak dari Bamboo sekitar pukul  8 pagi. Perjalanan ke Sinuwa kami tempuh  selama kurang lebih 2 jam. Cuaca dan trek  saat itu sangat bagus dimana matahari cerah dan kondisi medan juga lumayan ramah karena trek menurun hehe. Sekitar pukul 11 kami sampai di sinuwa dan beristirahat sebentar. Setelah istirahat yang cukup lama (±15 menit) dan  kami memesan snack karena kelaparan hehe, kemudian melanjutkan perjalanan ke Chomrong.

Chomrong oh Chomrong
Chomrong memang asoy!. Matahari  yang lumayan terik walau suhu dingin ditambah perut yang sudah mulai lapar dan yang paling parah ketemu ama tanjakan tangga chomrong yang asoy geboy. Kelar idup loe! Haha.
Kami sampai di Chomrong sekitar pukul 12 lewat dan langsung menuju lodge tempat kami menitipkan barang kemarin. Disini kami beristirahat, makan dan sambil menunggu teman Nepali kami yang masih berada di Sinuwa. Tas yang kami titipkan selama mendaki ke ABC gk dikenakan charge atau biaya dan itu sangat membantu. Kami hanya memesan makan siang dan juga mengisi ulang batrai handphone, free! Hehe. Lodge ini sangat gue rekomendasikan sih buat nginep dan menitipkan barang. Pertama, karena lokasinya dipuncak Chomrong jadi viewnya bagus. Kedua, lokasinya tepat di jalur belokan kearah Jhinu danda sehingga perlengkapan atau carrier sangat tepat lo tinggal disini. Dan pas lo balik dari sinuwa dan mau ke Jhinu danda nanti, lodge ini adalah lodge terakhir yang lo temui sebelum belok ke Jhinu. Hemat tenaga kan hehe. Tapi ini berlaku dari trekker yang datang dari arah tadapani dan baliknya melalui jhinu danda ya :D
Disni gue makan besar, sambil menikmati matahari dengan udara yang dingin. beli coca - cola yang sebotol harganya hampir 50rb wkwkwwk

view from Chommrong

waiting for lunch

Chomrong

what a breathtaking view!

harganya mahal wkwkwkwk

last taken
 Setelah makan siang kami melanjutkan perjalanan menuju Jhinu Danda. Perjalanan dari chomrong menuju Jhinu Dhanda sekitar 45 menit, kalau dari arah Jhinu Danda ke Chomrong mungkin sekitar 1,5 sd 2 jam dikarenakan medan yang curam dan tangga yang membunuh hehe. Awalnya kami berencana untuk stay di Jhinu Danda dan mencoba hot spring. Namun, karena udara yang agak terik kami mengurungkan niat. Hot spring yang berada di Jhinu Danda juga tidak tepat berada didesa itu. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu 30 sd 45 menit menuju sungai dan kembalinya tentu saja lebih lama. So, kami akhirnya mengurungkan niat dan berencana langsung menuju Pokhara atau desa mana yang mampu dicapai. Kami kembali jalan dan menuju desa new bridge. Sesuai namanya, desa ini memiliki 2 jembatan. Pertama jembatan lama, dan yang kedua jembatan baru yang dibangun, oleh karena itu desa ini disebut new bridge.
Setelah istirahat sebentar di new bridge kami kembali melanjutkan perjalanan karma jam sudah menunjukkan pukul 4 sore.
Jalur yang kami pilih adalah siwai, bukan Landhruk. Kenaa kami memilih siwai dibanding landhruk yang jarak tempuhnya lebih cepat 30 menit. Yang pertama  adalah karma jalur new bridge – Landhruk bebas dar anak tangga hehe. Kalau melewatiLandhruk maka akan kembali mendaki lebih kurang 1,5 jam. Dan yang kedua ada banyak transportasi dari Siwai menuju Pokhara walaupun itu malam hari. Ada taxi, jeep dan bus.
Kami sampai disiwai pukul 8 malam dan langsung menuju Pokhara dengan menggunakan taxi (shared pastinya). Harga taxi dari Siwai ke Pokhara adalah Rs4000. kami sampai diPokhara sekitar pukul 11 malam dan langsung mengucapkan syukur dapat empuknya kasur hotel. Alhamdulillah.