Posted by : Fajar Sardi Apr 9, 2017

5 Maret 2017

“there is a calm after the storm”, Badai pasti berlalu!
Pagi ini cuaca sangat - sangat cerah, walaupun tidak ada pelangi. Langit biru tanpa awan pagi ini ditambah dinginnya udara  yang turun sampai -12ºC. seluruhnya membeku, bahkan air ditoilet saja membeku, dan guest what? Saat buang air kecil dan ingin menyiram maka disediakan palu untuk memecahkan es di ember untuk menggapai air yang masih berupa “air” didasarnya haha.
Pagi ini gue akan langsung berangkat ke Annapurna Base Camp (ABC). Niatnya ingin berangkat selepas subuh, namun badan menolak arena udara yang super dingin dan akhirnya memutuskan berangkat setelah matahari terbit. akibat lebatnya hujan salju tadi malam, seluruh jalan tertutup oleh salju setebal 30 cm bahkan lebih. Karena tertutupnya jalur pendakian oleh salju, maka kami terpaksa menuggu guide dari trekker lain untuk membuka jalan ke atas. Perjalanan menuju ABC sekitar 1,5 jam.
Seperti inilah kondisi jalan menuju ABC

snow path, full of snow

snow path

playing snow in the storm

friends

Beautiful Annapurna Base Camp
These Pics taken by my Nepali Friend.

Finally, after 5 days walking! Officially we did it. Annapurna Base Camp!

Kami gak terlalu berlama2 disini. Karena matahari sudah turun dan pastinya salju akan berubah menjadi es dan akan menyulitkan kami berjalan. tujuan kami selanjutnya adalah Bamboo (jika kuat).
kami kembali ke MBC dan makan siang kemudian mengambil barang2. jalur sudah terlihat namun karena terpapar matahari, salju telah menjadi es. dalam perjalanan balik langkah kami super cepat dan beberapa kali terpelesat di es sampai pant*t udah kebal kebanting di es wkwkwk.
ini salah satu scene saya sedang melawan licinnya es. hehe

kami kembali melewati deurali dalam waktu kurang dari 2 jam dan mengembalikan peralatan yang kami sewa dengan harga super mahal (crampons dan sunglasses).
tidak terlalu banyak foto - foto dan cerita pada saat pulang. karena kami berburu dengan waktu dan ingin cepat sampai ke pokhara untuk istirahat dan bersantai hehe.
Leaving from deurali, deurali desa dengan atap biru.

menuju Dovan

stalaktit es
kurang lebih pukul 6an kami sampai di bamboo. gue lupa nama lodge di bamboo ini, tapi lodge ini punya water heater sehingga kami bisa mandi setelah 3 hari gak mandi hehe.