Posted by : Fajar Sardi Mar 29, 2017

3 Maret 2017

Chomrong merupakan desa dimana seluruh trekkers yang akan menuju ABC pasti melewatinya. Chomrong terletak diatas bukit den mengarah ke utara (jika saya tidak salah) karena, berdasarkan penjelasan dari teman Nepali. “Himalayas always in the north side from Nepal”. di hari ke lima kaki sudah mulai beradaptasi dengan ribuan mungkin puluhan ribu anak tangga. perjananan kami menuju ABC tinggal 2 hari lagi. Di chomrong, kami memutuskan untuk meninggalkan satu carrier 48 litre untuk mengurangi beban dari barang bawaan kami. Disni kami menginggalkan bnyak barang termasuk makanan berbahan daging, pakaian kotor, serta pakaian yang dikira gak perlu. Ditinggal dimana? Kami meniggalkan atau lebih tepatnya menitipkan barang kami di guest house tempat kami menginap. karena kami akan lewat sini lagi maka kami berinisiatif menitipkan barang bawaan kami, dann ternyata gratis loh hehehe. Sangat membatu sekali. Jadi kami hanya membawa sleeping bag, jacket, dan dua pasang baju. Sekali lagi.. percayalah lo gak akan butuh barang bawaan sebanyak yg lo pikirkan apalgi pakaian kotor mending ditinggal ajaaa.
Pagi ini kami hanya membawa barang ditas daypack 28ltr saja + satu sling bag untuk dokumen2 yang penting. Pukul 8, setelah sarapan kami berangkat menuju ABC, Chomrong adalah desa besar dibandingkan desa2 yang telah kami lewati sebelumnya. Setelah chomrong tujuan kami adalah sinuwa, desa setelah chomrong. Sinuwa terletak diseberang bukit. Bisa dibayangkan, kami ada di puncak bukit lain sedangkan Sinuwa ada dibukit yang satu lagi. Untuk mencapai Sinuwa kami harus turun bukit sampai kedasar. Kemudian naik lai untuk mencapai sinuwa. Dalam hati gue selalu berfikir kenapa gak dibuat jalan mendatar yang melalui pinggir bukit ajaa, jadi gak perlu naik turun bukit  (Chomrong effect) setiap trekker yang mau ke ABC selalu saja membahas tanjakan dan turunan Chomrong atau Ulleri. Kenapa?? Karena asooy banget dan lo harus mencobanya hahaha.
Sesaat meninggalkan guest house, kami harus lapor di Chomrong Checkpoint. Disini kita harus lapor lagi untuk memasuki kawasan ABC. Pelaporan ini berguna untuk meregistrasi trekker yang masuk ataupun keluar. Jadi jangan sampai dilewatkan yaa manatau terjadi hal2 yang gak diinginkan maka nama kita terdaftar sebagai pendaki resmi.
 1,5 jam berjalan naik turun bukit, akhirnya kami sampai di sinuwa. Desa yang berada di diseberang chomrong ini hanya memiliki beberapa rumah penduduk. Kami istirahat sebentar untuk mengambil nafas dan kemudian kembali melanjutkan menuju bamboo.

taken from sinuwa

sinuwa
Foto diatas diambil didesa Sinuwa, desa setelah Chomrong. kalau diperhatikan lebih lanjut, Chomrong terletak tepat dibukit belakang (background). ya seluruh rumah dibelakang bukit tersebut adalah desa Chomrong, dan tempat kami menginap yang berada dipuncak dibawah tower

Tidak ada jalan menurun! Itulah yang kami dapatkan setelah Sinuwa. Ada mendatar tapi kemudian naik tangga lagi… sekitar 2,5 jam lebih kami akhirnya sampai ke bamboo. Sesuai namanya, desa ini dikelilingi oleh pohon bamboo.

bamboo, time to lunch!

muka lelah

Kami istrirahat di bamboo dan memesan makan siang.
Setelah makan siang hujan mulai turun disepanjang perjalanan. Pesan satu lagi, jangan lupa bawa rain coat. Gak usah yang  terlalu tebal2. beli aja rain caot yang terbuat dari plastik, yang panjang dan bisa nutupi seluruh badan. Beruntung di restaurant tempat kami makan menyediakan plastik gede yang bisa dijadikan sebagai rain coat. Kalau ngak ya terpaksa hujan  - hujanan. Karena gk mungkin kita berhenti karena waktu yang terbatas.

es diperjalanan

Dalam perjalanan menuju hotel himalaya, hujan es mulai turun. Betapa senangnya melihat hujan es sampai2 teriak.. esss ess. Hahaha. Namun begitulah kesenangan orang tropis bertemu es, hingga akhirnya hujan mulai deras dan guyuran es semakin banyak. Menjelang pukul 5 kami sampai di hotel himalaya. Suhu saat itu -3ºC diserta turunnya salju.

mulai membeku

it's freezingg

Keinginan berfoto disaat salju turun sirna karena gk tahan dengan suhu udara yang sangat dingin. Mungkin sekarang agak menyesal karna sedikit sekali foto di hotel himalaya. Namun, pada saat itu semua masuk akal. Dinginnya suhu udara mengalahkan keinginan untuk berfoto – foto -___-”

Hotel Himalaya

Sebelum salju turun

pemandangan setelah hujan salju

trekking map board
Malam ini kami menginap di hotel himalaya. Beruntung hotel ini memiliki penghangat, karena udara yang super dingin akhirnya gue beserta teman dan beberapa trekkers dari beberapa negara ngumpul dan berbagi cerita di dining room.
Setelah lepas makan malam kami langsung tidur dibawah 2 lapis selimut, jacket, inner jacket, baju dan long john wkwkwkwk.